Infinity Room: Koleksi Seni Andalan Museum MACAN. Refleksi Harapan Menggapai Impian


Segala sesuatu memang berawal dari harapan dan niat sehingga kita mampu meraih sesuatu pun karena adanya niat yang kuat. Kenapa saya membahas harapan dan niat kuat? Ya, karena tidak bisa sebatas keinginan semata untuk dapat berada dan merasakan keindahan Infinity Room di Museum MACAN. Apalagi sebagai catatan, bila berkunjung ke tempat ini saat akhir pekan.

Saya akan membahas Infinity Room: Koleksi Seni Andalan Muesum MACAN. Refleksi harapan untuk mengggapai keindahan.

Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara)

Museum Macan merupakan institusi pertama di Indonesia yang memberikan akses publik terhadap koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia dan Internasional yang bukan hanya signifikan, namun juga terus berkembang.

Museum ini memiliki program berkelanjutan berupa pameran dan aktivitas seni dalam fasilitas seluas 4000 meter persegi yang mencakup area pendidikan dan konservasi.

Museum MACAN berkomitmen untuk membuat seni mudah diakses publik luas dengan edukasi sebagai jantung dari program-program kami.

Alamat:

AKR Tower Level MM. Jl. Panjang No.5, RT.11/RW.10, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Jam Berkunjung

Selasa sampai Minggu mulai pukul 10.00-19.00 WIB
Catatan, bagi yang ingin melihat Infinity Room, antrian hanya sampai pukul 17.00 WIB.

Harga Tiket:

AdultsIDR 50.000
ChildrenIDR 30.000
StudentsIDR 40.000

Infinity Room: Koleksi Seni Andalan Museum MACAN

Tak dapat dipungkuri, selalu ada koleksi andalan di suatu destinasi yang membuat orang-orang tersihir untuk mengunjungi. Begitu pula dengan Museum MACAN yang akhir-akhir ini menjadi hits, apalagi kalau bukan karena ada koleksi Instagramable yaitu Infinity Room.

Infinity Room merupakan koleksi seni karya Yayoi Kusama yang kepopulerannya bukan hanya terjadi di Jakarta tetapi juga terjadi di kota negara lain seperti New York hingga Stockholm.

Keindahan cahaya-cahaya seperti lampu warna-warni sebenarnya tidak berada di ruangan besar. Justru cahaya-cahaya indah tersebut berada di ruangan kecil. Ya, Infinity Room merupakan ruangan kecil yang memiliki kesan luas karena terdapat penggunaan kaca dan air sehingga membentuk refleksi.

Tampilan Infinity Room dari Luar, dengan seorang penjaga yang menghitung waktu, karena sekali masuk, pengunjung hanya diberi waktu 45 detik. YA, 45 DETIK SAJA.

Ketika pintu Infinity Room dibuka. Ada pula satu orang penjaga di dalamnya, agar mencegah pengunjung menyentuh air atau pun melewati batas yang ditentukan.



Menurut Communications Officer Museum MACAN Nina Hidayat, setiap harinya Museum MACAN dikunjungi hingga 500an orang di hari biasa dan 2000an orang di akhir pekan. 

Nah, itu sebabnya di awal saya katakan, bukan hanya sekadar keinginan saja yang dibawa berkunjung ke tempat ini jika ingin mendapatkan potret keindahan Infinity Room yang Instagramable. Ya, butuh harapan dan niat kuat, karena antriannya sangat panjang! Sudah antri panjang, dan kita tidak diberikan kesempatan leluasa untuk menikmati keindahannya. Hanya diberi waktu 45 detik.

Pesona Infinity Room ini memang layaknya cinta, Gaes! Penuh jebakan! Upps, sorry saya baper nih. Kenapa saya berkata penuh jebakan? Ya, karena sekali kita sudah menginginkan melihat dan mengambil foto di Infinity Room, kita akan berharap dan ngotot ingin mendapatkannya, meskipun perjuangan antriannya gila-gilaan.


Inilah hasil penuh perjuangan saya antri selama sekitar 4 jam (DALAM KEADAAN BERDIRI), dan hanya berada di Infinity Room 45 detik.

Memang sih, waktu saya berkunjung ke sini sedang long weekend dalam suasana libur Natal. Saya memutuskan untuk ke sini karena Museum MACAN boleh juga menemani liburan saya yang sedang malas untuk keluar kota, karena memang pasti di sana-sani sedang ramai-ramainya. Biasanya sih kalau liburan keluar kota justru memilih momen bukan hari libur nasional.

Mungkin para warga Jakarta yang tidak ingin berlibur di luar kota pun memutuskan ke Museum MACAN yang memang sedang hits ini. Jadi antriannya benar-benar gila! Antrian masuk sekitar 2 jam, dan untuk masuk ke Infinity Room nya juga sama sekitar 2 jam. Ya, rugi dong kalau sudah datang ke Museum MACAN tapi gak masuk ke Infinity Room.

Overall, Museum MACAN patut dikunjungi meski harus antri. Dan, ketika Anda sudah berada di Infinity Room, Anda akan bisa merasakan refleksi dari perjuangan Anda akhirnya tercapai untuk menikmati pesona keindahan (baca: apa yang Anda inginkan).

Berikut ini ada beberapa foto saya dengan beberapa koleksi di Museum MACAN. Kunjungi laman https://www.museummacan.org untuk informasi lebih lanjutnya atau bisa kunjungi Official Instagram Museum MACAN https://www.instagram.com/museummacan/   













Seni berubah, dunia berubah, tetapi semoga HARAPAN TIDAK PERNAH PATAH.






Salam kekuatan antri,

Anggrek Lestari

Komentar

Menu yang Paling Banyak Dinikmati