Antologi Cerpen Pertamaku


Oleh: Anggrek Lestari Asy-Syifa

Pada tanggal 26 Januari 2010 aku mengikuti Seminar Cakap Menulis Cerpen bersama Cerpenis Hasan Al Banna (Cerpenis asal Medan yang sudah berkiprah ke nasional). Walau aku suka menulis, baru kali pertama itulah aku mengikuti seperti itu. Maklumlah, informasi seminar yang berbau dunia kepenulisan jarang sekali terdengar sampai ke sekolah ataupun aku secara pribadi.

Pada tanggal tersebut juga dibuka Lomba Menulis Cerita Pendek (LMCP) Tingkat SMU Se-Sumut. Aku pun tidak mau ketinggalan. Saat itu juga pertama kali aku mengikuti perlombaan cerpen. Walaupun yang pertama, tapi aku percaya diri akan menang. Aku semangat sekali. Kalau aku berhasil masuk sepuluh besar, karyaku dibukukan. Tidak lupa aku berdoa semoga Allah memenengkan cerpen yang kubuat.

Ternyata doaku terkabul. Yeyey! Alhamdulliah. Waktu ditelepon sama panitia seneng bangeeeet! Aku masuk 10 besar, tepatnya juara IX. 

Tepat pada 22 November 2010 buku Antologinya terbit. Judul Antologinya "Sepasang Sayap Menari" yang diambil dari judul cerpen pemenang pertama. Oh ya, cerpenku yang berada di Antologi itu berjudul "Virus BlackBerry" Senang sekali rasanya punya Antologi Cerpen, walau belum Antologi Cerpen Tunggal. Aku rasa itu adalah awal yang baik untuk memulai serius terjun di dunia kepenulisan.

Pernah tidak saat kalian membaca karya kalian yang dulu-dulu, kalian merasa lucu??? Karya kalian yang dulu itu seperti bukan ditulis oleh kalian. Hal itu terjadi padaku.

Sekarang saat aku sudah kuliah, aku baca lagi cerpen "Virus BlackBerry" aku terkekeh. Seperti membaca cerpen anak kecil. Hehe. Alur yang lurus-lurus saja dari awal sampai akhir dan pesan cerita disampaikan blak-blakan kayak Pak Ustad yang lagi ceramah.

Kelucuan itu terjadi karena semakin hari kemampuan menulis kita semakin mengalami kemajuan. Seperti pisau diasah terus menerus, pasti akan semakin tajam. Jadi, saat kita membaca karya dulu, akan terasa perbedaan kemampuan menulis yang dulu dengan sekarang.

Demikianlah kisah Antologi Cerpen pertamaku. Apa dan kapan Antologi Cerpen pertama kalian terbit? Kalau belum ada tetap semangat yaaaaa. Kita semua pasti bisa.
Cerita Hari Ke-25
Proyek #CeritaDariKamar

Komentar

Menu yang Paling Banyak Dinikmati