Arsip Sertifikat


Oleh: Anggrek Lestari Asy-Syifa

Map batik milikku bukan sekadar map biasa. Map tersebut aku gunakan untuk penyimpan arsip sertifikat. Baik itu sertifikat perhargaan sebagai peserta suatu kegiatan maupun sertifikat perhargaan atas kemenanganku dalam suatu perlomban. Sertifikat tersebut aku dapatkan mulai dari masa SMU hingga sampai masa kuliah sekarang.

Sertifikat yang kudapatkan semasa SMP & SMU dulu telah berguna mengantarkanku menjadi mahasiswi USU melalui jalur SNMPTN UNDANGAN BIDIK MISI. Tanpa testing dan yang jelas gak bayar serupiah pun karena aku ikut program beasiswa pemerintah Bidik Misi. Waktu itu ada persyaratan wajib upload sertifikat saat pendaftaran online SNMPTN UNDANGAN. Sertifikat yang kuupload sesuai dengan bidang studi perkuliahan yang kupilih yaitu sastra indonesia dan fisika. Sertifikat yang kuupload yaitu: 
(1) Juara 1 Pidato Bahasa Indonesia Putri pada PORSENI Madrasah Se- Kota Binjai.
(2) Juara IX LMCP Tingkat SMU Se-Sumut
(3) Juara II Olimpiade Fisika Tingkat SMP Muhammadiyah Se-Sumut.

Sertifikat yang kudapatkan semasa kuliah sekarang akan kukumpulkan untuk memenuhi persyaratan seminar prosal, seminar skripsi dan sidang.


Oh ya, di antara sekian banyak sertifikat yang kudapat, ada beberapa yang menjadi favoritku karena kegiatan untuk mendapatkan sertifikat tersebut sangatlah spesial. Beberapa di antaranya:
(1) Juara IX LMCP Tingkat SMU Se-Sumut
Lomba ini diadakan oleh SMU Negeri 1 Binjai. Di perlombaan tersebut itulah pertama kalinya aku mengikuti lomba menulis cerpen. Perdana loh.
(2) Juara II Olimpiade Fisika Tingkat SMP Muhammadiyah Se-Sumut.
Sertifakat Lomba ini spesial karena Trofinya tidak ada samaku. Perlombaan itu kan aku mewakili sekolah, jadi trofinya ditaruh di sekolah.
Hanya Sertifikat inilah bukti bahwa aku pernah memenangi lomba tersebut.

Ternyata dalam banyak hal kita perlu bukti. Kalau tidak ada bukti, mana ada yang percaya. Cinta juga harus pakai bukti, misalnya dengan memberi perhatian. Nah, kalo kita suka menulis, buktikanlah kepada orang lain dengan cara menunjukkan hasil karya kita. Jangan cuma bicara saja, tapi juga memberi bukti.

Cerita Hari Ke-26
Proyek #CeritaDariKamar

Komentar

Menu yang Paling Banyak Dinikmati